Fungsi-fungsi Array di PHP


Fungsi count()
     Fungsi count() digunakan untuk menghitung jumlah elemen array.Sintaks fungsi ini adalah sebagai berikut :

count(array[,mode])

     Parameter mode sifatnya adalah optional.Nilai yang mungkin tersedia adalah COUNT_REKURSIVE ATAU I.Jika parameter ini disertakan,elemen array akan dihitung secara rekursif,artinya bila dimensi array lebih daripada satu,seluruh elemennya akan dihitung,bukan hanya elemen dimensi pertama saja.

Fungsi array_push()
      Fungsi ini digunakan untuk menyisipkan elemen baru ke dalam sebuah array.Elemen
baru ini disisipkan pada bagian paling akhir.Sintaknya adlah seperti berikut :

array_push($array,nilai[nilai,...])

     Parameter nilai adalah nilei elemen-elemen baru yang akan disisipkan ke dalam array.

Fungsi array_splice()
     Fungsi ini digunakan untuk mengambil/membuang satu atau beberapa elemen array dan menggantikannya dengan yang baru.Sintaksnya adalah sebagai berikut:

array_splice($array,letak[,panjang [, pengganti]])

     Parameter letak menunjukkan mulai dari elemen ke berapa array tersebut akan diganti/dibuang.Jika nilainya positif,maka elemen dihitung dari depan,jika negatif,maka elemen dihitung dari belakang.
     Parameter panjang - jika nilainya positif- menunjukan jumlah elemen yang akan diganti/ dibuang. jika negatif , maka jumlah elemen yang tertinggal ( tidak diganti/ di buang) dihitung dari belakang sejumlah nilai parameter panjang . jika parameter panjang tidak di sebutkan, maka elemen array mulai dari yang ditunjukkan parameter letak sampai ke elemen terakhir akan diganti/ dibuang.
   parameter pengganti adalah merupakan nilai-nilai yang menggantikan elemen - elemen yang telah dibuang.

Fungsi array _combine()
    Fungsi ini digunakan untuk mengkombinasikan dua buah array sehingga array pertama menjadi indeks dan array kedua menjadi nilainya. kedua array yang dikombinasikan harus memiliki jumlah elemen yang sama .

0 komentar:

Posting Komentar