Animasi Dengan Teknik Image

Pengertian
Animasi dapat diartikan sebagai sebuah objek yang bergerak dinamis dan tidak statis. Objek dapat berupa teks maupun bentuk-bentuk yang lainnya. Bentuk-bentuk gerak animasi sangat banyak jenisnya, dan tentu saja tidak dapat dihitung.  
Macam-macam teknik  
Animasi dengan teknik ini adalah menyimpan image sebagai sebuah sprite dalam memori yang kemudian akan ditampilkan di backgroundnya. Dalam teknik ini animasi yang disimpan harus berlatar belakang sesuai backgroundnya. Animasi dengan teknik ini biasanya sulit dalam pembuatan gambarnya, sebab harus banyak dan melakukan penyamaan dan posisi. Akan tetapi teknik ini mudah dalam hal memainkan animasinya.


Gambar berbentuk animasi menjadi suatu bentuk gambar yang sangat menarik untuk dinikmati. Cara pembuatan gambar animasi dalam bentuk file GIF sebenarnya dapat dibuat dengan cara sederhana dan tidak terlalu rumit. Dibutuhkan ketelatenan dalam merangkai beberapa gambar dengan sedikit perbedaan, baik bentuk ataupun warna untuk dipadukan menjadi sebuah gambar yang bergerak dan/atau berubah warna. Melalui bentuk animasi ini kita bisa mendapatkan bentuk gambar yang indah, menarik dan bahkan lucu.


Bagaimana teknik membuatnya? Sebagai langkah awal untuk memahami teknik pembuatan gambar animasi, yang merupakan dasar dari pembuatan gambar animasi kita akan menggunakan Adobe Photoshop yang dipadukan dengan Adobe ImageReady.


Langkah-langkah memahami teknik dasar pembuatan animasi GIF:


-1. Buka Adob Photoshop.
-2. Buat bujur sangkar dengan ukuran 100pixel dengan background transparan. (File-New-width:100pixel-height:100pixel-background:transparent)
-3. Buat bingkai pada kotak tersebut menggunakan Rectangular Marque Tool (M).
-4. Berikan warna hitam pada kotak . (Set foreground color-pilih warna hitam-oke-Paint Bucket Tool-klik di kotak)
-5. Duplikasi kotak hitam menggunakan Duplicate Layer. (klik tanda panah ujung kanan atas menu layer-oke)
-6. Langsung lanjutkan dengan pilih warna biru dan lakukan juga duplikasi. (Set Foreground Color-pilih warna biru-oke-klik di kotak-duplikasi).
-7. Lanjutkan membuat warna hijau dan kuning. (caranya persis membuat warna hitam dan biru)
-8. Ada 4 kotak dengan 4 warna di layer. (ada 4 layer).
-9. Klik ikon mata pada ke-4 layer. Cari Edit Image Ready (Klik File kemudian klik Edit Image Ready atau tekan Shift+Ctrl+M).
10. Sekarang kita sudah masuk pada Adobe ImageReady.
11. Sekarang kita akan membuat animasi dari ke-4 layer yang telah kita buat di Photoshop sebelumnya. Perlu diketahui, inti dari apa yang akan kita lakukan adalah permainan layer.Sekarang lihat pada Window Animation, disana ada sebuah layer, pada layer pertama inilah kita akan memulai membuat animasi.
12. Tampilkan layer kotak berwarna hitam pada Window Layers, caranya tinggal klik untuk menampilkan ikon mata.
13. Lanjutkan menambahkan frame pada Window Animation, caranya klik icon Duplicates current frame (klik tanda panah kecil di kanan atas Window Animation) dan sebuah duplikasi dari frame pertama telah terbuat.
14. Selanjutnya pada Window Layers, tampilkan layer lingkaran berwarna biru dan nonaktifkan layer berwarna hitam.
15. Lakukan seperti langkah tersebut hingga semua warna masuk dalam Windows animation.
16. Atur timing dari masing-masing frame di Window Animation dengan meng-klik tulisan waktu yang ada di bagian bawah frame.
17. Coba Anda jalankan animasi sederhana yang telah Anda buat dengan cara klik ikon Plays/stops animation.


Apabila langkah-langkah dilakukan dengan benar, maka setelah play button di klik maka akan terlihat kotak warna yang bergantian muncul berselang seling dengan tempo sesuai yang kita buat. 










Daftar Pustaka


http://bloggerstuars.blogspot.com diunduh Tanggal 9 Maret 2012

Racing Games


      Racing games merupakan jenis game dengan tema kompetisi kecepatan. dengan menggunakan sudut pandang pertama atau ketiga.Biasanya diwujudkan dalam berbagai objek kendaraan, seperti sepeda, motor, mobil, perahu dan lain sebagainya. Setiap pemain dalam sebuah kompetisi balap berupaya untuk melewati jarak dan medan tertentu dalam suatu arena balap, dengan waktu tercepat dalam satu arena kompetisi untuk memenangkan kompetisi.
        Jenis game yang bertipe racing sangat beraneka macam, salah satu contohnya yaitu CTR(Crash Team Racing) yaitu game  balap pertama yang memiliki fitur Crash Bandicoot yang dipublikasikan oleh Sony Entertaintment yang dikembangkan oleh Naughty Dog untuk Playstation. Game ini dirilis di Amerika Utara pada tanggal 30 September 1999, di Eropa pada tanggal 19 Oktober 1999, dan di Jepang pada tanggal 16 Desember 1999. Seperti pada game sejenis, dalam ame ini pemain dapat memilih pembalap yang diinginkan akan tetapi untuk pemilihan arena balap tergantung dari tipe permainan yang dipilih. Tipe-tipenya yaitu adventure,time trial, dan arcade.

         


CTR merupakan game yang dimainkan seperti permainan mobil balap biasa, tetapi perbedaannya di dalam game ini untuk meraih juara pertama diperlukan senjata untuk mengahancurkan lawan yang menghalangi. Oleh karena itu, game ini sangat menarik untuk dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa.

Seperti CTr tersebut Untuk sebagian besar,  Tidak akan dapat diketahui bagaimana game racing komersial tertentu menerapkan mereka berbagai konsep ilmu seperti fisika atau AI. Para pengembang sering mempertimbangkan informasi ini eksklusif, rahasia dagang yang membantu mereka mempertahankan daya saing mereka di pasar game. Yang mengatakan, kadang-kadang Anda bisa belajar sedikit tentang setiap permainan. Menurut halaman Wikipedia untuk Grand Theft Auto IV, itu adalah menggunakan mesin sumber Bullet terbuka untuk sesuatu (tidak mengatakan fisika atau dinamika tubuh hanya kaku ketika sebuah mobil menabrak sesuatu misalnya).
 Merintis jalan dalam permainan ini sering dilakukan dengan varian dari algoritma yang disebut A * (A-bintang), sering bersama dengan mesh navigasi. Sebuah permainan balap AI mungkin benar-benar memberi makan ke dalam kolom kemudi, misalnya, memberikan instruksi "belok kanan" atau "mempercepat" daripada "pindah ke jalur ini." Itu akan memberikan AI berbasis kendaraan tingkat realisme. mereka akan berperilaku sesuai dengan fisika sebuah AI akan mensimulasikan driver. Pada tingkat yang lebih tinggi, jalan tertentu bahwa pencarian AI akan seperti "menemukan jalan terpendek untuk orang jahat" maka simulasi pengemudi feed perintah kemudi yang beradaptasi untuk mencoba dan menjaga mobil di jalan ditemukan.